Jumat, 11 November 2011

Menginstall Joomla Online


Menindaklanjuti artikel saya sebelumnya tentang cara mengupload CMS (content management system) Joomla ke web hosting gratis, sekarang saya akan share tentang cara menginstall Joomla secara online. Hal yang pertama dilakukan adalah mengupload file – file Joomla ke web hosting. Dalam hal ini saya anggap Anda sudah mempunyai web hosting dan sudah mengupload file – file Joomla ke web hosting. Jika belum tahu, Anda bisa mempelajarinya di artikel : cara mengupload Joomla ke web hosting.

Cara menginstall Joomla online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menginstall Joomla ke localhost. Perbedaannya hanya pada saat mengisikan database dan FTP (file transfer configuration).

Sebenarnya Anda dapat langsung menginstall Joomla tanpa harus login ke web hosting (dalam hal ini saya menggunakan 000.webhost.com). Namun karena untuk menginstall Joomla kita memerlukan database, maka kita harus membuat database baru di web hosting. Untuk web hosting 000.webhost.com langkah – langkahnya sebagai berikut :

Masuk ke halaman cpanel, klik icon MySQL


Setelah itu, Anda akan di minta untuk membuat database baru dan user baru untuk login ke database.


Setelah selesai membuat database dan user baru, Anda akan mendapatkan informasi penting diantaranya : host, nama database, nama user, dan password pada database yang sudah Anda buat tadi.


Simpan atau catat informasi tersebut, karena kita akan membutuhkannya nanti. Selanjutnya, kembali ke cpanel, klik icon phpMyAdmin untuk mengecek database yang baru saja dibuat.



Seperti yang terlihat diatas, database yang saya buat memiliki nama “a1505498_dbeggie” dan belum memiliki tabel. Setelah database selesai dibuat, sekarang kita sudah bisa menginstall Joomla.
Buka domain milik Anda yang sudah Anda upload kan file – file Joomla nya. Contoh: http://firgiawan.freiz.com/ atau http://firgiawan.freiz.com/adminstrator. Setelah itu Anda akan langsung dialihkan ke halaman installation.

Pilih bahasa yang akan Anda gunakan, kemudian klik next.


Anda akan di bawa ke halaman kedua dari instalasi yaitu pre-instalation check. Klik next.


Berikutnya adalah halaman license. Berisi tentang persyaratan penggunaan Joomla. Klik next untuk melanjutkan.


Kemudian pada halaman database configuration, masukkan host name, username, password, dan database name yang sudah kita dapatkan dari web hosting. Untuk sekedar mengingatkan, datanya adalah sebagai berikut :



Klik next setelah data dimasukkan.

Selanjutnya adalah halaman FTP (file transfer protocol). Anda bisa mengisi form ini dengan username dan password yang digunakan untuk login ke file manager pada cpanel dan isikan /public_html pada root path. Atau anda bisa melewati halaman ini dengan langsung mengklik next.


Setelah itu, Anda diminta untuk mengisikan nama situs, alamat email, serta username dan password. Username dan password ini nantinya digunakan untuk login ke halaman administrator Joomla. Jangan lupa klik install sample data. Ini memungkinkan CMS Joomla kita agar mempunyai sample template yang sudah terinstall. Jika sudah, klik next.


Jika sudah, maka selanjutnya adalah menghapus direktori instalation. Karena Joomla yang saya gunakan adalah Joomla versi 1.7.0 maka cara menghapusnya hanya dengan mengklik tombol “remove instalation folder”. Setelah itu klik site untuk melihat situs kita pertama kali, atau klik administrator untuk langsung menuju halaman login Joomla.


Tampilan awal situs dengan template yang sudah disediakan :


Tampilan halaman login administrator :


Jika sudah berhasil login, Anda akan di bawa ke halaman administrator atau control panel pada Joomla.


CMS Joomla sudah bisa Anda gunakan.

Terimakasih.. Semoga beramanfaat.. ^_^

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar