Rabu, 09 November 2011

Cara Mengupload Joomla ke Web Hosting Gratis



Joomla merupakan CMS (content management system) yang berbasis open source. Ini memungkinkan setiap orang untuk mendownloadnya secara gratis dan menggunakannya untuk membangun sebuah website untuk berbagai macam kebutuhan baik komersial maupun non komersial. Sekarang kita akan mencoba mengupload joomla ke web hosting gratis. Klik disini untuk mendownload joomla



Web hosting yang akan digunakan dalam tutorial ini adalah 000webhost.com. Alasan saya memilih 000webhost.com adalah karena kapasitas disk yang diberikan untuk user free sebesar 250 Mb dan Bandwithnya sebesar 100 Gb. Selain itu web hosting gratis ini juga mempunyai nilai tambah yaitu tanpa ads dihalaman web nya.



Berikut langkah – langkahnya :
Langkah pertama, Anda harus mendownload file package joomla. Jika sudah ada, dilanjutkan dengan mendaftar akun baru (sign up) di 000webhost.com. klik link sign up di website 000webhost.com dan ikuti petunjuk selanjutnya.



Isikan data pada form :



Pada form diatas terdapat opsi “I want to host my own domain (domain must be registered already)” Jika Anda memilih opsi ini maka Anda diharuskan untuk sudah memiliki sebuah domain website sendiri. Namun jika Anda belum memiliki domain atau alamat website sendiri, maka pilihlah opsi kedua : “or, I will choose your free subdomain (recommended)”. Kemudian isikan nama, email, password, ketik password lagi, ketik dua buah kata pada kode captcha, dan jangan lupa untuk mengklik checklist box pada “I agree to Terms Of Service”.


Gambar: form yang sudah diisi.

Setelah form diisi dengan lengkap, selanjutnya klik “Create My Account”. Jika tidak ada kesalahan maka Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya. Apabila muncul pesan kesalahan atau error maka lihat dan cermati lagi apakah ada kesalahan dalam pengisian form.



Contoh kesalahan dalam pengisian password.

Jika tidak terjadi kesalahan atau kesalahan tersebut sudah Anda diperbaiki, Anda akan langsung dibawa ke halaman member area.



Pada gambar diatas terlihat tabel dengan kolom Domain, Status, dan Action. Untuk saat ini, domain yang sudah berhasil saya daftarkan adalah firgiawan.freeiz.com (terlihat pada tabel diatas). Langkah selanjutnya adalah Anda harus membuka email Anda (yang sebelumnya sudah didaftarkan pada saat sign up) kemudian klik link yang diberikan 000webhost.com untuk menconfirm registrasi. Setelah itu muncul halaman yang sama dengan tabel akun yang sudah diperbaharui.



Klik “Refresh Status” pada kolom Action, dan hasilnya akun Anda telah aktif.



Kemudian klik “go to Cpanel”.



Klik icon file manager.



Anda akan dibawa ke halaman File Manager. File Manager adalah tempat menyimpan data – data website Anda. Dalam hal ini data – data dari package joomla yang akan kita simpan disini.



Tampilan file manager.

Setelah itu klik “public_html”.



Di direktori ini nantinya file joomla akan ditempatkan. Untuk memulai upload, klik “Upload”. Akan muncul halaman untuk mengupload file. Pada halaman tersebut terdapat beberapa ketentuan penting diantaranya : sebuah file yang diupload ukurannya tidak lebih dari 5MB, dan apabila kita akan mengupload file yang terkompress (contoh : .zip) maka hanya file yang terkompress “zip”, “tar”, “tgz”, dan “gz” saja yang bisa diupload.



Untuk menyiasatinya maka file joomla yang akan kita upload harus di pecah menjadi beberapa bagian dan masing – masing bagian tersebut harus berukuran kurang dari 5MB.



Gambar: file joomla yang sudah diekstrak harus di kompress menjadi beberapa bagian.

Saya akan membagi file – file joomla menjadi dua bagian. Yang pertama di kompress adalah folder administrator sampai folder instalation.



Ingat ! karena pada ketentuan File Manager di penjelasan sebelumnya bahwa file terkompresi “.rar” tidak bisa diupload, maka kompress file dengan “.zip”. Saya menamai file pertama dengan nama joomla1.zip



Kemudian kompress lagi sisa folder yang belum terkompresi dengan zip (dalam hal ini adalah folder language sampai file web.config). Saya menamai file tersebut dengan nama joomla2.zip.



Jika sudah, maka kita menghasilkan dua buah file joomla dalam bentuk zip.



Sekaranglah saatnya untuk mengupload file – file tersebut. Lihat kembali browser Anda, masih pada file manager karena kita akan mengupload file yang terkompresi maka klik “Choose File” yang berada disebelah kanan.



Jika Anda mempunyai koneksi internet yang cepat maka Anda dapat mengupload dua file tersebut sekaligus. Namun jika tidak, terpaksa upload file tersebut satu persatu. Namun demi kelancaran disarankan untuk mengupload file satu persatu.



Klik “Choose File”, Pilih file yang akan diupload. Jika sudah, klik tanda ceklis yang berwarna hijau untuk memulai proses upload.



Jika file berhasil diupload akan muncul halaman seperti berikut :



Klik tanda ceklis yang berwarna hijau jika kita mengupload file satu persatu, atau klik icon panah biru untuk kembali ke direktori public_html.

Jika semua file joomla sudah terupload (file joomla1.zip dan joomla2.zip), maka kita sudah bisa untuk menginstall joomla. Ketikkan alamat pada address bar browser Anda http://domain.anda.com/administrator.

Sebagai contoh karena nama domain saya adalah http://firgiawan.freeiz.com/ maka untuk menginstall joomla saya mengetikkan http://firgiawan.freeiz.com/administrator. Sehingga muncul tampilan sebagai berikut :



Silahkan baca artikel saya selanjutnya untuk informasi tentang cara menginstall joomla secara online.

Catatan : File Manager akan meminta kita untuk login kembali apabila kita tidak melakukan aktivitas apa – apa (misal : upload file) pada website File Manager tersebut. Dan jika kita tidak berhasil untuk login kembali atau tidak tahu apa username dan password yang digunakan untuk login, buka kembali halaman Cpanel, klik icon “Change Account Password” untuk merubah password atau klik “View Account Details” untuk melihat username yang digunakan. Sebagai contoh, usernamenya adalah : a2515978.

Terimakasih.. Semoga Bermanfaat.. ^_^
Comments
8 Comments

8 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. Diikutin aja dulu Fir tutorialnya.. Klo ada yang kurang ngerti boleh ditanyain.. hehe..

    BalasHapus
  2. upload joomla nya itu yg bingung....
    minggu depan ajarin yooo giii

    BalasHapus
  3. cie Posting perdana egi.. di tunggu postingan selanjutnya...

    BalasHapus
  4. terimakasih tutornya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. joomla nya yg versi berapa... soalnya pernah upload versi 3.xx gak bisa di install

    BalasHapus
  6. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this situs very often.

    BalasHapus